PORTAL SULUT – Ada banyak hal yang bisa diprediksi akan mengalami perubahan pada sepanjang tahun 2022 mendatang.
Beragam prediksi tersebut salah satunya adalah tentang jenis pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan pada tahun 2022.
Menjelang tahun 2022 teknologi mengalami berkembangan yang sangat cepat oleh karena itu kebutuhan perusahaan juga terus mengalami perubahan.
Perusahaan pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi dengan merekrut karyawan yang kompeten agar tidak ketinggalan zaman.
Pekerjaan yang erat kaitanya dengan teknologi digital saat ini semakin diburu perusahaan apalagi menjelang tahun 2022 mendatang.
Mulai dari tahun ini hingga tahun 2022,
perusahaan akan berbondong-bondong membuat inovasi berbasis teknologi untuk menjaga hubungan dengan konsumen.
Bahkan tidak heran kalau saat ini banyak perusahaan membutuhkan tenaga baru untuk perusahaan mereka terutama pekerjaan yang berhubungan dengan digital dan teknologi.
Dilansir Portalsulut.com di kanal YouTube Agra Media, inilah 7 pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan pada tahun 2022.
1. Digital Marketing
Jumlah pengguna internet yang terus merangkak naik, membuka peluang yang sangat luas bagi para pelaku bisnis diberbagai sektor.
Melalui platform digital perusahaan dapat memaksimalkan promosi penjualan dengan lebih spesifik berdasarkan target yang diincar.
Melalui penjualan tersebut, sehingga dapat menekan biaya operasional dibandingkan harus memasang iklan di media konvensional.
Oleh karena itu, tidak heran jika profesi digital marketing akan makin banyak dicari oleh perusahaan.
Lowongan kerja digital marketing banyak tersedia mulai dari level fresh graduate sampai profesional berpengalaman.
Untuk mendalaminya kamu bisa belajar secara otodidak keahlian ini ataupun ikut beberapa kelas online yang tersebar di dunia maya.
2. Content Creator
Creator Profesi yang satu ini identik dengan kaum milenial, profesi content creator di tahun 2022 nanti.
Pekerjaan ini akan menjadi buruan perusahaan untuk melakukan pendekatan produk kecalon konsumen.
Saat ini sudah banyak lowongan pekerjaan content creator yang tersebar diberbagai platform dan media sosial.
Untuk menjadi seorang content creator kamu harus banyak belajar karena konten yang kamu buat tidak terbatas hanya satu atau dua jenis saja.
Melainkan jenis konten yang berbentuk tulisan grafis atau video layaknya seorang blogger juga harus kamu kuasai karena kemampuan editing grafis sangat berpengaruh.
Itulah yang harus kamu kuasai jika kamu memutuskan untuk terjun sebagai seorang content creator.
3. UI atau UX Designer
Kalau kamu tertarik dengan dunia desain, coba mulai merambah dunia tersebut.
Banyak perusahaan yang mencari UI atau UX designer untuk membuat web atau aplikasi yang menarik dan nyaman.
Digital designer bertugas untuk membuat tampilan atau interface yang mudah dan nyaman digunakan oleh pengguna atau lebih dikenal dengan user friendly.
Designer bertanggung jawab atas kepuasan pengguna atau user dan pengamanan pengguna aplikasi atau webyang baik.
Untuk menekuni profesi ini paling tidak kamu harus menguasai kemampuan desain grafis dan sedikit ilmu programming.
4. SEO Specialist
SEO adalah singkatan dari search engine optimization, dengan memaksimalkan penggunaan SEO, kata kunci yang ditargetkan bisa berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google.
Orang yang ahli dalam optimasi SEO disebut sebagai sales specialist.
Biasanya specialist tergabung dalam divisi digital marketing sebuah perusahaan.
Lowongan pekerjaan sales specialist diprediksi akan mengalami peningkatan di tahun 2022 seiring bertumbuhnya usaha dalam dunia digital.
Kemampuan SEO tidak bisa didapatkan secara instan, kamu harus punya cukup pengalaman di dunia SEO untuk bisa menguasainya.
5 WEB atau APP Mobile Developer
Pekerjaan ini akan jadi salah satu pekerjaan yang banyak diburu perusahaan di tahun 2022.
Seorang software developers bertugas membuat dan mengembangkan produk yang mampu menjawab kebutuhan penggunanya.
Pekerjaan ini sangat membutuhkan bantuan divisi lain untuk bekerjasama mengembangkan aplikasi.
Kini semakin banyak perusahaan rintisan atau sport sampai perusahaan global yang mulai memanfaatkan web atau mobile aplikasi untuk menjangkau audiens.
Hal ini jadi peluang yang besar di bagi kamu yang mau berkarir sebagai web untuk menjadi seorang developer.
6. Tenaga Kesehatan
Praktisikesehatan terus jadi profesi yang menjanjikan di tahun 2022 mengingat pandemi yang masih menghantui masyarakat global, begitupun dengan bertambahnya jumlah penduduk.
Tenaga kesehatan juga semakin dibutuhkan bahkan di tahun 2021 ini, Pemerintah telah memprioritaskan formasi tenaga kesehatan bersamaan dengan formasi tenaga pendidikan dalam pemilihan PNS.
Hal tersebut dilakukan untuk mencapai sasaran pembangunan dan kesehatan masyarakat jangka panjang.
Profesi ini bisa dibilang tidak akan lekang oleh artinya akan selalu dibutuhkan.
7. Data Analis
Data analis dianggap terpisahkan dalam sebuah bisnis. Data yang diolah akan sangat berguna untuk memaksimalkan potensi suatu produk atau jasa yang ditawarkan dan menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan.
Untuk menjadi seorang data analis, dibutuhkan beberapa kemampuan seperti berpikir kritis, suka bereksperimen, dan komunikasi yang baik.
Menariknya, profesi ini bisa dikerjakan oleh orang dengan berbagai latar belakang pendidikan.
Demikian profesi atau keahlian yang saat ini banyak dicari oleh hampir semua perusahaan dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu.***